24 Oktober 2012

Kisah Teledor #9 : Keteledoran Yang Menghabiskan Uang

Anda semua tahu, kekurangan sebuah sifat yang disebut "Teledor". Kali ini, kita bahas "Keteledoran Yang Menghabiskan Uang". Apa yang kita simpulkan dari judul di atas? Apakah Keteledoran yang dapat membelanjakan uang? Apakah keteledoran tersebut bepergian ke suatu tempat dan membeli barang - barang hingga menghabiskan uang? Atau berkaitan dengan itu?

Sangat mudah untuk menyimpulkan judul di atas. Keteledoran memang benar benar sanggup untuk menghabiskan uang. Bukan kata "teledor" namun Orang yang Teledor. Contoh kecil sebuah Keteledoran yang menghabiskan uang yakni, ketika kita berbelanja, kita melihat isi dompet kita ada banyak sekali uang. Tanpa ba bi bu langsung beli ini beli itu. Saat membayar pun, ternyata. Mudah, tentu saja mudah, semua pembaca tahu, yang kita baca di atas, "dompet yang berisi uang banyak". Ternyata "pas" saat membayar. Kalau begitu, apa masalahnya? Kita lanjutkan dulu kisah ini. Setelah berbelanja, kita dihubungi oleh seseorang. "Pak, jadi kapan bisa bayar hutang?". Sampai di sini Anda Bingung? Merasa alur cerita kisah ini melenceng? Tidak ini tidak sulit untuk memahaminya.

Saat kita mendapat pertanyaan tersebut, kita baru teringat, kalau kita memang harus membayar hutang kepada orang tersebut, dan yang menjadi masalah adalah, uang kita yang banyak tersebut sudah habis tak tersisa. Dari kisah ini, kita dapat dengan mudah menarik kesimpulan. Ketika kita teledor saat mempunyai uang yang banyak, seketika kita melupakan anggaran yang sudah kita rencanakan sebelumnya.

Akhirnya, kalau memang kepepet, kita terpaksa gali lobang tutup lobang. "meminjam uang orang lain, untuk membayar hutang kepada orang lain".

Kata Mutiara : Berhati - hatilah saat punya banyak uang, rencanakan penggunaan uang untuk jangka waktu yang Anda tentukan, jika Anda pegawai yang mendapat penghasilan tetap, sebaiknya Anda Rencanakan setiap bulan, sebelum Anda menerima upah. Ketika Anda sudah membuatnya, terapkanlah rencana anggaran Anda pada kehidupan Anda.

Oleh : Orang Teledor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...