22 Oktober 2012

Kisah Teledor #7 : Mulut Yang Berbahaya

Membaca judul di atas, bagaimana menurut Anda? Apakah memang ada? Mulut yang berbahaya? Apakah dia menggigit? Apakah dia terlihat menyeramkan? Ada yang bisa menjawab? Saya bisa menjawabnya.

Dikatakan di atas, bahwa "Mulut Yang Berbahaya" bukanlah Denotasi, Apa itu denotasi? Denotasi adalah makna sebenarnya, dalam pengertian Bahasa Indonesia, ada juga konotasi, yaitu maknya kiasan, misalnya "Ada pohon yang melambai lambai, mengajak kita berteduh di bawahnya" Nah itulah makna konotasi. Pohon dibuat menjadi seolah berinteraksi seperti manusia. Jadi, Mulut yang berbahaya di sini maksudnya apa? Baiklah mari kita simak berita berikut.


===>>Teledor Lupa Matikan Mic, Presenter Ini Dikecam Karena Mengejek Atlet!
Zhang Meng Meng, Seorang Komentator Acara Olahraga di China Central Television (CCTV) mendapat kritik karena komentarnya yang terdengar akibat lupa mematikan mic. Dia mengucapkan perkataan tak pantas saat siaran pertandingan final Diving Putra 10 meter.

“Menurut saya Tom Daley (atlet kebangsaan Inggris) tak punya kesempatan,” kata Meng Meng.


Saat giliran David Boudia dari Amerika Serikat, Meng Meng berkata; “Mereka semua aneh. Mereka itu sepertinya hanya dibesarkan oleh Single Parent, seperti itu (menurut nya atlet loncat indah pria itu kebanyakan pecinta sesama jenis)”.


Pasca siaran ini, netizen menghujat komentar Meng Meng dan menuntut Meng Meng minta maaf, karena dianggapnya wanita ini telah melanggar etika profesional. Meng Meng pun mengungkapkan unek-uneknya di Weibo. Meng Meng merasa dijebak oleh sang pengarah acara tersebut.
<<===


Jadi, dari cuplikan berita di atas, kita mendapatkan sebuah pelajaran, dan kita tahu bahwa asal bicara sedikit saja, dapat menimbulkan perasaan yang tidak menyenangkan, jika orang lain mendapat perasaan tidak menyenangkan dari perkataan kita, lebih baik cepat minta maaf, sebelum ia memaksa kita untuk minta maaf. Jika perasaan tidak menyenangkan tidak dibalas dengan permintaan maaf, bisa saja membuat kita orang tersebut semakin mendapatkan perasaan tidak menyenangkan.



Kata Mutiara : Mulutmu Harimaumu, Berhati - hatilah dalam mengontrol mulut kita. Karena Mulut kita lah yang dapat menghancurkan diri kita. 
Jika Kita berbuat kesalahan, Tak perlu malu meminta maaf. Sesungguhnya, permintaan maaf dapat mengubah kemarahan menjadi sesuatu yang tidak perlu dilanjutkan.

Oleh : Orang Teledor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...